Rabu, 03 Juli 2019

Inilah Pinjaman Dana Jaminan yang Bisa Menjadi Solusi Perekonomian Anda

Pinjaman dana jaminan memang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya mereka yang ingin mendapatkan pinjaman dana cepat untuk memenuhi kebutuhan pribadi hingga digunakan sebagai modal usaha, baik itu usaha skala kecil hingga usaha skala besar. Selain itu, jenis pinjaman ini juga bisa diajukan oleh siapapun.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pertumbuhan zaman yang semakin modern justru membuat kebutuhan masyarakat juga semakin meningkat, dan dikarenakan hal itulah banyak orang yang rela bekerja keras demi mendapatkan dana guna memenuhi kebutuhannya.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan demi mendapatkan jumlah dana yang dibutuhkan, salah satunya yaitu dengan melakukan peminjaman melalui bank. Hal tersebut dikarenakan, bukan hanya terpercaya, melakukan peminjaman di bank juga sudah dapat dipastikan bahwa dana dapat segera cair. 

Salah satu jenis pinjaman yang paling banyak diajukan oleh masyarakat Indonesia adalah pinjaman dengan menggunakan agunan atau jaminan. Jika ini merupakan pengalaman pertama kali bagi anda dalam melakukan pinjaman dana, maka anda perlu menyimak ulasan pada artikel kali ini. Dengan penjelasan dibawah ini, dijamin anda akan semakin mudah mendapatkan persetujuan pinjaman. 

Mengenal Tentang Pinjaman Dana Dengan Jaminan

Bagi anda yang sudah sering melakukan pinjaman kepada bank, tentu sudah tidak asing lagi dengan pinjaman dana jaminan, bukan? Ya, ini merupakan fasilitas pinjaman yang disediakan oleh sebuah bank atau lembaga pembiayaan kepada para peminjam uang, yang dimana untuk mendapatkan pinjaman, mereka diharuskan untuk menyertakan aset berharga yang mereka miliki. 

Adapun aset berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan antara lain adalah surat kendaraan bermotor (BPKB), sertifikat rumah atau bangunan, hingga aset berharga lainnya seperti emas, yang pada nantinya jika anda sudah menyediakan agunan tersebut, maka anda akan semakin dipermudah dalam mendapatkan dana yang cepat cair. 

Walaupun anda sudah memilih pinjaman dana jaminan dalam melakukan peminjaman dana, tentu anda juga diharuskan untuk memenuhi beberapa persyaratan lainnya, selain benda yang dijadikan sebagai 'jaminan' itu sendiri. Beberapa syarat umum yang perlu dipenuhi antara lain seperti, harus warga Negara Indonesia atau bertempat tinggal di Indonesia, memiliki usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. 

Anda juga harus memiliki aset yang akan dijadikan sebagai jaminan. Jumlah pinjaman yang bisa anda ajukan tersebut biasanya juga akan disesuaikan dengan aset yang digunakan sebagai jaminan tersebut. Semakin berharga aset tersebut maka jumlah pinjaman yang bisa anda ajukan juga akan semakin besar. 

Syarat-syarat Mengajukan Pinjaman Dengan Jaminan 

Adapun beberapa persyaratan yang harus anda penuhi apabila ingin melakukan pinjaman dengan jaminan tersebut biasanya terbagi berdasarkan jenis pekerjaan para peminjam. Sebagai contoh, syarat untuk pegawai atau karyawan swasta akan berbeda dengan para wirausahawan. 

Kendati demikian, perbedaan tersebut juga tidak terlalu signifikan. Untuk para pegawai atau karyawan swasta biasanya persyaratan meliputi kartu pegawai, tabungan, asuransi, SK CPNS fotokopi dan asli, Slip Gaji, SK PNS, SK kenaikan gaji, surat keterangan penghasilan hingga daftar gaji kolektif. 

Sedangkan untuk para wirausaha biasanya syarat khususnya lebih mudah yakni mereka bisa membawa fotokopi rekening Koran ataupun giro dengan buku tabungan di bank dalam rentan waktu 3-6 bulan terakhir. Selain itu, mereka biasanya juga diharuskan untuk menyertakan data keuangan yang lain seperti neraca keuangan hingga laporan laba rugi. 

Bagi anda yang sudah mengetahui apa saja persyaratan dalam mengajukan pinjaman tersebut anda akan semakin mudah untuk mendapatkan persetujuan. Pihak bank atau lembaga pembiayaan biasanya akan memiliki penilaian khusus terhadap para nasabahnya seperti karakter, kemampuan membayar, kondisi finasial peminjam, barang jaminan dan bagaimana kondisi perekonomian mereka. 

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan agar pinjaman dana jaminan yang anda ajukan kepada bank atau lembaga keuangan tersebut mudah untuk diterima,diantaranya adalah sebagai berikut:

Tips Agar Pinjaman Mudah Diterima

1. Menentukan Tujuan Anda Melakukan Kredit

Pertama, ialah menentukan apa tujuan anda melakukan kredit tersebut. Hal ini sangat penting karena ketika tujuan kredit anda tidak jelas, maka penyedia pinjaman tentu akan berpikir dua kali untuk memberikan pinjaman tersebut. 

2. Memiliki Kemampuan Finansial yang Cukup

Pihak penyedia pembiayaan biasanya juga akan melihat bagaimana kondisi finansial yang anda miliki. Biasanya mereka akan melihat dari slip gaji, rekening koran, hingga apa saja transaksi keuangan yang anda lakukan setiap bulannya. Jika ternyata kemampuan finansial anda tidak memenuhi persyaratan, anda akan sulit untuk mendapatkan pinjaman. 

3. Sesuaikan Pinjaman Dengan Kemampuan Finansial

Untuk mendapatkan pinjaman dana jaminan, maka anda harus memastikan bahwa anda mampu untuk membayar jumlah pinjaman tersebut, agar kedepannya tidak menimbulkan hadirnya hutang dan sebagainya. 

Kebutuhan seseorang yang semakin meningkat memang membuat siapapun akan melakukan banyak cara untuk memenuhi kebutuhan mereka tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan pinjaman ke bank. Untuk anda yang ingin meminjam dana dengan cicilan ringan dan bunga rendah, anda bisa membuka alamat website https://www.cekaja.com/kredit-dengan-agunan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Ketahui Cara Mudah Berhemat Ala Orang Kaya

Menurutmu apa sih perbedaan orang kaya dan orang yang ingin “terlihat kaya”? Orang kaya membeli barang yang berkualitas, tapi hanya ...