Senin, 08 Juli 2019

Inilah Perhitungan Denda Keterlambatan Angsuran KTA Maybank

 

Kegiatan meminjam uang di bank tentu akan sangat berbeda dengan meminjam uang di tetangga atau kerabat sendiri. Mengapa demikian? Hal tersebut karena saat kita meminjam uang di bank, secara otomatis akan ada batasan waktu untuk melakukan cicilan dari pelunasan hutang yang pernah diajukan. Dan dari waktu jatuh tempo yang telah ditentukan oleh pihak bank tersebut anda tidak boleh terlambat saat membayarkan cicilan anda. Jika anda terlambat maka resikonya anda harus membayar biaya keterlambatan. Contohnya jika anda mengajukan KTA pada Maybank dengan waktu jatuh tempo akhir bulan. Jika hingga akhir bulan tersebut anda belum melakukan pencicilan pinjaman maka anda akan dikenakan biaya keterlambatan KTA Maybank.

Hal tersebut tentunya akan sangat berbeda dengan saat anda meminjam uang pada tetangga atau kerabat dimana anda tidak perlu risau membayar denda keterlambatan jika anda membayar pelunasan hutang di luar waktu jatuh tempo. Bahkan anda pun tidak perlu membayar bunga pinjaman apapun. Namun hal yang menjadi pertimbangan mengapa banyak orang lebih memilih meminjam uang pada pihak bank adalah karena di bank anda bisa meminjam uang hingga berpuluh-puluh juta rupiah dalam waktu singkat.

(Baca juga: Investasi sesuai dengan zodiak)

Maybank menjadi salah satu bank yang menyediakan layanan pinjaman kredit tanpa agunan atau dengan kata lain tanpa jaminan apapun. Mengapa demikian? Maybank ingin memberikan layanan kemudahan bagi siapapun yang membutuhkan uang dengan jumlah besar dalam waktu dekat. Selain itu, pihak Maybank juga memberikan kelonggaran pada jumlah bunga yang harus ditanggung oleh si peminjam. Karena sesuai dengan aturan yang telah tertera, pihak Maybank akan memberikan jumlah Bungan paling minim 0,79%. Nah salah satu layanan pinjaman Maybank yang sering diajukan masyarakat adalah PITA (pinjaman tanpa agunan).

Bunga PITA yang harus ditanggung oleh peminjam akan ditentukan oleh kemampuan cicilan yang akan anda bayarkan. Pihak Maybank akan menjamin bunga yang paling minim untuk anda yang bersedia membayar cicilan dalam waktu singkat. Selain memperhatikan bunga kecil yang diberikan oleh Maybank ada biaya-biaya lain yang agaknya perlu untuk anda perhatikan dengan baik. Hal ini menjadi sangat penting untuk anda perhatikan karena jika tidak maka anda sendiri yang akan rugi dan anda pula yang akan merasakan tekanan beban hutang. Salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah biaya keterlambatan atau denda jika anda terlambat membayar cicilan pinjaman KTA yang telah jatuh tempo. Lantas bagaimana Maybank mengatur denda jatuh tempo tersebut? Berikut ini bisa anda simak dengan baik penjelasannya.

Semua bank kemungkinan memiliki aturan yang berbeda-beda soal banyaknya denda yang harus ditanggung oleh peminjam jika tidak bisa melunasi cicilan pinjaman tepat pada waktunya. Termasuk Maybank. Maybank telah memberikan aturan kepada para peminjam yang tidak tepat waktu saat jatuh tempo dengan mengenakan biaya denda keterlambatan. Besar biaya keterlambatan yang harus dibayarkan adalah berkisar 5% dari besarnya angsuran yang seharusnya anda bayarkan tiap bulan ditambah dengan Rp 100 ribu. Untuk lebih jelasnya anda bisa simak contoh dari kasus berikut:

PINJAMAN MAYBANK


Anda melakukan pinjaman kepada Maybank dengan biaya angsuran tiap bulan sebesar 1juta rupiah. Kemudian waktu jatuh tempo anda adalah pada awal bulan. Di saat jatuh tempo awal bulan ternyata anda masih belum melakukan pembayaran angsuran kredit anda. Maka secara otomatis anda akan dikenakan biaya keterlambatan tersebut sebesar 5% × 1000.000 + 100.000 = 150.000. itu baru dendanya saja. Belum termasuk biaya cicilan yang anda tanggung dan belum terbayar. Jika anda belum melakukan pembayaran hingga 2 kali angsuran maka biaya denda tersebut di kalikan dua dan ditambah dengan biaya angsuran yang harus anda bayarkan.


Istilah denda keterlambatan ini memang sejak awal seharusnya sudah anda pahami dengan baik. Hal ini mengingat agar anda sendiri tidak semakin terbebani dengan hutang atau pinjaman anda pada pihak Maybank. Nah untuk anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait beberapa istilah lainnya yang harus anda pahami sebelum mengajukan KTA atau PITA maka anda bisa membuka website resmi https://www.cekaja.com/banks/bii-maybank/pinjaman. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Ketahui Cara Mudah Berhemat Ala Orang Kaya

Menurutmu apa sih perbedaan orang kaya dan orang yang ingin “terlihat kaya”? Orang kaya membeli barang yang berkualitas, tapi hanya ...