Kamis, 04 Juli 2019

Cara Mengetahui Berapa Skor Kredit yang Dimiliki


Mengajukan kredit bukan hanya sekedar memenuhi syarat-syarat yang diminta, seperti identitas diri lengkap, slip gaji, penghasilan tetap, dan sebagainya. Berapa skor kredit yang Anda miliki juga sangat berpengaruh dalam pengabulan permohonan kredit Anda. Sebab, skor tersebutlah yang akan dijadikan alat bagi kreditur untuk menganalisis kelayakan Anda menerima kredit. Skor tersebut juga bisa menjadi indikator apakah Anda akan mampu melunasi kredit sesuai dengan tenor yang disepakati di awal.

Naik turunnya skor kredit Anda dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti riwayat kolektabilitas. Itulah sebab mengapa Anda harus bisa membayar angsuran kredit sesuai waktu jatuh tempo yang ditetapkan. Selain untuk mencegah menumpuknya utang, skor kredit Anda juga akan tetap terkontrol supaya stabil dan tidak menurun. Jika skor kredit sudah menurun, hal tersebut akan menyulitkan posisi Anda sebagai debitur untuk mendapatkan produk kredit yang Anda inginkan atau butuhkan.

Oleh karena itu, Anda harus tahu betul bagaimana cara untuk mempertahankan atau bahkan menaikkan skor kredit Anda dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dinaungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya menjaga kolektabilitas agar tetap lancar.

Selain itu, alangkah baiknya jika Anda memiliki lebih dari satu kredit yang berstatus aktif. Debitur yang memiliki beberapa kredit berstatus lancar berpeluang memiliki skor kredit yang lebih tinggi ketimbang debitur yang memiliki satu kredit berstatus lancar. Akan tetapi, Anda juga harus pintar dalam mengatur kredit supaya tidak merugikan Anda di kemudian hari. Kalau salah, Anda justru bisa merugi di saat Anda seharusnya mendapatkan keuntungan dari produk kredit yang Anda pilih.

Nah, jika Anda sudah memiliki skor yang tinggi, Anda juga bisa melakukan cara-cara di atas untuk menjaga skor Anda agar tidak menurun. Sebab, jika Anda sudah berada dalam golongan Kolektabilitas 3, Kolektabilitas 4, atau Kolektabilitas 5, posisi Anda bisa dikatakan kritis. Hal itu tentu akan menyulitkan Anda dalam mendapatkan produk kredit yang Anda inginkan. Jika sudah begitu, siapa yang rugi? Tentu Anda sendiri.

Jadi, berusahalah untuk selalu menjadi pengguna kredit yang pintar dan bijak. Karena, segala macam gerak-gerik Anda yang berhubungan dengan kredit akan tercatat dalam SLIK milik OJK. Jangan sampai Anda berada dalam golongan yang paling bawah karena Anda akan cukup kesulitan untuk bisa memperbaiki reputasi Anda.

Ingin tahu informasi lebih banyak seputar skor kredit? Anda bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/ karena terdapat banyak sekali informasi seputar skor kredit yang bisa Anda pelajari di sana. Bukan cuma belajar tentang kredit, Anda juga bisa mengajukan permohonan pinjaman dengan mudah secara online di Cekaja.com! Yuk, tunggu apalagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Ketahui Cara Mudah Berhemat Ala Orang Kaya

Menurutmu apa sih perbedaan orang kaya dan orang yang ingin “terlihat kaya”? Orang kaya membeli barang yang berkualitas, tapi hanya ...